Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bitmap dan Vector


Kalau ditulisan sebelumnya kita membahas tentang file image PNG dan JPG. Maka, pada kesesempatan kali ini kita akan membahsa tentang image itu sendiri. tahukah kalian bahwa hanya ada dua jenis image di dunia ini?

Yup, hanya ada dua jenis image yang ada saat ini yaitu : Bitmap dan Vector. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang Perbedaan Bitmap dan Vector. Kita bahas dahulu apa itu Bitmap dan apa itu Vector.



Menurut Wikipedia Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Beberapa format file bitmap yang populer antara lain BMP, GIF, JPG, JPEG, PNG, PICT dari Mac OS dan PSD dari Photoshop. Ciri utama dari file bitmap adalah, saat ukuran file dirubah maka kualitas dari file tersebut juga berubah, atau yang biasa di sebut blur.

Sedangkan pengertian dari Vektor adalah : format file grafis berdasarkan ekpresi matematika komputer yang terdiri dari point (titik), line (garis) dan shape (bentuk). Beberapa format file vektor yang populer antara lain AI dari Adobe Illustrator, CDR dari Corel Draw, FLV dari Flash dan WMF dari Windows Metafile. Ciri utama dari vektor adalah, kualitas dari file tidak akan berubah saat ukuran file dirubah.

Setelah pembahasan singkat tentang Bitmap dan Vektor diatas sekarang mari kita bahas perbedaan-perbedaan dari kedua jenis image tersebut. 

Perbedaan Pertama : Resolusi Gambar
Pada Bitmap resolusi atau ukuran pada gambar itu tetap maka saat gambar di zoom maka akan ada penurunan dari kualitas tersebut. Sedangkan resolusi pada Vektor itu flexibel sehingga kualitas gambar saat di zoom akan tetap sama atau tidak berubah.


Perbedaan Pertama


Perbedaan Kedua : Susunan Gambar
Bitmap tersusun dari warna yang terdapat pada suatu bidang yang di sebut grid. Sedangkan Vektor tersusun dari titik, garis, dan bentuk.
Perbedaan Kedua

Perbedaan Ketiga
: Kegunaan
Bitmap biasanya digunakan untuk gambar yang memiliki desain komplek yang memiliki banyak varian warna seperti foto. Sedangkan, Vektor digunakan kepada desain yang lebih sederhana dan memiliki sedikit varian warna seperti logo, pamflet, dan brosur.
Perbedaan Ketiga
Bagi kita yang aktif di sosmed bitmap sudah seperti makanan sehari-hari jadi tidak sulit untik di kenali. Sedangkan bagi kalian yang menyukai (bahkan mengeluti) design digital maka vektr tentu bukan hal baru. 

Sekian pembahasan antara Bitmap dan Vektor sampai postingan berikutnya.




Post a Comment for "Bitmap dan Vector"