Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar Design Secara Otodidak


Sebenernya udah banyak website yang ngajarin gimana cara membuat desain dan desain grafis. Jadi, bukan hal sulit untuk memulai belajar secara otodidak, selama ada niat dan kemauan belajar.

Sekali lagi, Admin pun masih newbie dalam dunia design-mendesign, jadi semua yang Admin tulis di Ayooo Design bukan berdasarkan bahasa teori desain grafis seperti di perkuliahan **belum pernah masuk perkuliahan juga** melainkan berdasarkan pengalaman Admin belajar desain secara otodidak.
Buat kalian para newbie yang juga lagi belajar desain secara otodidak, berikut ini adalah tips bagaimana memulai desain secara otodidak.




1. Niat.




Pertama pasti niat, kenapa niat? Karena tanpa niat kita gak mungkin memulai sesuatu. Entah itu buat pacaran, belajar, atau apapun. It’s going from intention to action –dari niat menjadi tindakan. Kumpulin niat dulu : niat ingin belajar, ingin berkarya, dan ingin menciptakan sesuatu.

2. Kumpulkan Bahan-bahannya.

Yang kedua, waktunya kita mengumpulkan “bahan-bahan”. Kita gak akan bisa masak kalau gk punya kompor, kita gak akan bisa bikin sayur sop pake pembakaran, dan kita gak bisa ngegoreng pake ulekan. Intinya kita perlu bahan-bahan dan perlengkapannya. That’s fool going to war without sword and armor’s.






Bahan-bahan yang dimaksud disini adalah apapun yang kita butuhkan untuk membuat suatu desain. Software desain kesayangan kita mungkin sudah memiliki tools-tools yang sudah mencukupi kebutuhan kita. Namun barangkali kita masih membutuhkan foto atau font penunjang lain, diluar yang dimiliki software desain. Ini tergantung kebutuhan.

Untuk tambahan bahan-bahan seperti font, kalian bisa men-downloadnya di dafont.com, sedangkan untuk foto, kalian bisa mendapatkannya di Google Images atau Pinterest.

Namun sekali lagi aku ingatkan, untuk kalian yang akan serius desain dan ingin menjadikannya penambah penghasilan, gunakanlah bahan-bahan dari arsip sendiri atau beli lisensi dari font atau gambar tersebut.

3. Tentukan Konsep dan Tema

Desain seperti apa yang akan kamu buat? Berapa size canvasnya? Apa yang ingin ditonjolkan dalam desain kita? Apa tujuan desain itu? Untuk keperluan apa? Buat logo? Banner? Ilustrasi? Atau yang lain? Bisakah kamu membayangkannya?

Buat kalian yang masih cuma iseng-iseng pengen belajar desain dan belum bisa membayangkan bakal buat desain yang seperti apa, kalian bisa searching-searching di google karya-karya desain grafis professional atau desain yang lain.





Misal kalian cari di google, dan ketemu desain seperti diatas. Coba kalian perhatikan dalam-dalam.

Ohh… warnanya simple ya…
Cuma  ijo sama putih dong…
Font nya sejajar…
Gambar orangnya juga sejajar…
Layoutnya juga simple, rapih, dan pesannya tuh kena dihati.

My point is coba bangun kepekaan kalian saat melihat suatu objek. Biasanya dari situ, akan timbul sense-nya, atau minimal kita dapat inspirasi, dan akhirnya tahu konsep seperti apa yang akan kita buat pada desain kita.

4. Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif atau kecenderungan membuat sesuatu yang berbeda. Sebuah upaya/usaha untuk menghubungkan benda, inspirasi dan ide yang sebelumnya tidak berhubungan.



Gampangnya, cara memikirkan kreatif ialah proses nyata tentang penggunaan benda, inspirasi atau ide yang sudah nyata ada dan di dalam fikiran kita.

Sistem/cara memikirkan kreatif tidak selamanya membuat sebuah rencana baru, tetapi penggabungan beberapa rencana yang telah ada sebelumnya. Dari kesibukan ini lalu terwujud sebuah inspirasi baru yang bisa mengarahkan kita pada aksi nyata.

5. Catat atau Gambar Setiap Inspirasi

Inspirasi itu bisa datang kapan saja dan dimana saja. Tapi masalahnya, well sudah bukan lagi masalah sebenarnya. Sifat alami manusia yang mudah lupa terkadang membuat banyak inspirasi berharga menguap tanpa sisa.



Kalau tiba-tiba kalian dapat ide buat sesuatu, segera catat poin-poin penting atau gambarkan di atas kertas dari ide tersebut. Dengan menyimpan ide-ide tersebut, kamu tidak akan kehilangan mereka ketika dibutuhkan nanti.

6. Terus Berlatih

Practice makes perfect. Itu adalah quote yang pasti ada di bawah buku tulis kalian dulu. Teruslah berlatih karena dengan berlatih, kemampuan kita akan terus terasah, baik itu hanya iseng, untuk tugas, maupun untuk keperluan lain.



Dengan berlatih, kalian bisa meningkatkan kemampuan kalian, membangun sense of design, dan kreativitas untuk membuat hal-hal baru.

Post a Comment for "Tips Belajar Design Secara Otodidak"