Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Cara Berpikir Kreatif


Berpikir kreatif adalah usaha untuk menghubungkan benda, inspirasi dan ide yang sebelumnya tidak berhubungan. Secara simpel, cara memikirkan kreatif ialah proses nyata tentang penggunaan benda, inspirasi atau ide yang sudah nyata ada dan di dalam fikiran kita.

Berpikir kreatif tidak selamanya membuat sebuah ide baru, tetapi menggabungkan beberapa ide yang telah ada sebelumnya juga termasuk kepada ide kreatif. Dari proses tersebutlah terwujud sebuah inspirasi baru/fresh yang bisa mengarahkan kita pada aksi riil.

Dapat disebutkan kalau metode berpikir kreatif memercayakan imajinasi yang kuat dari mimpi sebelumnya. Hingga jadi sebuah aksi atau wujudkan dalam aksi riil. Kuncinya yaitu kegigihan dalam berupaya dan berusaha keras dalam wujudkan inspirasi dan ide.


Berikut tips untuk Melatih Cara Berpikir Kreatif :

  1. Istirahat sejenak. Beristirahat sebentar dapat meningkatkan daya kerja otak hingga pikiran semakin kreatif. Misalnya jalan keluar dan lihat pemendangan hijau.
  2. Tidur sebentar. Faktanya tidur selama 15 menit pada sing hari membuat kinerja kita lebih produktif.. Bila berada dikantor, lakukan kegiatan ini selam waktu istirahat siang.
  3. Luangkan sedikit waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Dengan cara tersebut, fikiran akan lebih fresh. Salah satu contoh, sebelumnya mengendarai motor atau mobil, kita harus memanaskan mesinnya. Atau ketika akan berolah raga, pastinya kita melakukan  pemanasan agar tidak terjadi kram otot.
  4. Meditasi, ambilah sedikit waktu untuk menentramkan diri. Menurut sebuah riset Frontiers Psychology, meditasi yang tepat dapat mendorong pemikiran yang kreatif.
  5. Dengarkan musik saat bekerja, suasana hening malah akan memekakan telinga. Buat sedikit kebisingan lewat cara memutar musik yang dinamis. Menurut riset, bekerja dilingkungan yang cukup bising dapat meningkatkan produktivitas dan kreatifitas. 
  6. Goo green. Tak perlu waktu lama, cukup 30 detik lihatlah hal-hal yang berwarnahijau seperti tanaman.
  7. Ubah kebiasaan,  seperti merubah rute perjalanan menuju tempat kerja akan mampu meniingkatkan kreativitasmu.
  8. Have fun, waktu bersenang-senang akan membawamu pada brainstorming paling baik. Itu artinya Kamu hanya perlu melepas beban dan awalilah suatu hal kesibukan yang bisa menghibur seperti bermain games atau mendengarkan lagu. 

Post a Comment for "Melatih Cara Berpikir Kreatif"